Afriani, Dwi Tika (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM TATANAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PERKULIAHAN MIKROBIOLOGI TERAPAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173005 Cover.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. 8126173005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. 8126173005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 8126173005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. 8126173005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 8126173005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8126173005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8126173005 Bab I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
9. 8126173005 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
10. 8126173005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui pengaruh model PBM dan media interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah pada perkuliahan Mikrobiologi Terapan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. (2) Mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara PBM kelompok menggunakan multimedia interaktif, PBM klasikal menggunakan multimedia interaktif, dan pembelajaran konvensional menggunakan media linier, dalam memecahkan masalah pada perkuliahan Mikrobiologi Terapan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan 3 kelas yang ditentukan secara random. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan memecahkan masalah. Tes sebayak 4 soal dalam bentuk essay. Teknik analisis data menggunakan ANACOVA dengan bantuan progran SPSS. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model PBM dan media interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah pada perkuliahan Mikrobiologi Terapan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan (Fhitung=14,533, P=0,000), (2) PBM kelompok menggunakan multimedia interaktif lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran PBM klasikal menggunakan multimedia interaktif, dan pembelajaran konvensional menggunakan media linier dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada perkuliahan Mikrobiologi Terapan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 579.071 1 Afr e |
Keywords: | Mikrobiologi terapan; Pembelajaran interaktif; Multimedia; Direct instruction; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4362 |