Sembiring, Fanny Rizki (2014) PENGARUH STRATEGI PETA KONSEP DALAM PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-33058-8126173006 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Bab I.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Bab V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning, dan pembelajaran tradisional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan; (2) mengetahui pengaruh strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning, dan pembelajaran tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis materi pokok pencemaran lingkungan pada kelas X Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu 2 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dalam PBL (Eksperimen A), dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning (Eksperimen B), sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran tradisional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda; tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 18 soal. Soal telah diuji validitas, relibilitas, daya beda,dan tingkat kesukaran dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning dan strategi pembelajaran tradisional terhadap hasil belajar biologi pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dalam PBL 85,23 ± 5,207 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi problem based learning 80,94 ± 2,395 maupun siswa yang dibelajarkan dengan strategi tradisional 77,39 ± 3,353 ; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning dan pembelajaran tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dalam PBL 83,13 ± 2,109 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning 79,34 ± 2,635 maupun siswa yang dibelajarkan dengan tradisional 75,61 ± 5,130.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.950 712 Sem p |
Keywords: | Pencemaran lingkungan; Peta konsep; Berpikir kritis; Strategi pembelajaran; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4357 |