Chastanti, Ika (2014) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173011 Judul.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2. 8126173011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. 8126173011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. 8126173011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. 8126173011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. 8126173011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. 8126173011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8126173011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 8126173011 Bab I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
10. 8126173011 Bab V.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
11. 8126173011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter adalah usaha untuk menanamkan kebiasaan yang baik (Habituation) sehingga siswa mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter, strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran, dan kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian deskriptif dengan sampel penelitian adalah guru biologi yang mengajar kelas XI-IPA (5 orang) dan siswa kelas XI-IPA (324 orang). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Cluster Area Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (In-Depth Interview), angket, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi belum sepenuhnya menerapkan nilai-nilai karakter religius, peduli kesehatan, mandiri, toleransi, bersahabat atau komunikatif, peduli sosial, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dengan persentasi 71,14% dengan skala sering dan pendapat siswa tentang implementasi nilai karakter guru biologi 28,13% menjawab sering, begitu juga dengan implementasi pendidikan karakter siswa pada budaya sekolah 9,76% yang masuk kategori tidak pernah dan nilai-nilai karakter siswa dalam pembelajaran biologi 50,15% menjawab selalu. Strategi/metode pembelajaran yang digunakan guru dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi adalah ceramah, eksperimen, inquiry, presentasi, dan Picture and picture, serta kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi adalah sumber belajar yaitu fasilitas laboratorium yang belum memadai dan siswa yang tidak mau menerima saran guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Chaa |
Keywords: | Pendidikan karakter; Strategi pembelajaran; Pembelajaran biologi; Guru |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4354 |