Lumban Gaol, Retni (2014) KAITAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP BIOLOGI MAHASISWA FMIPA UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173025 Judul.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. 8126173025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. 8126173025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. 8126173025 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. 8126173025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 8126173025 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. 8126173025 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8126173025 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8126173025 Bab I .pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
10. 8126173025 Bab V .pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
11. 8126173025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kampus Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar Biologi Umum I; (2) hubungan antara kemampuan proses sains dengan hasil belajar Biologi Umum I; (3) hubungan antara pemahaman dengan hasil belajar Biologi Umum I; (4) hubungan antara kemampuan numerik, kemampuan proses sains, pemahaman secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi Umum I; (5) hubungan antara kemampuan numerik dengan sikap FMIPA UNIMED; (6) hubungan antara kemampuan proses sains dengan sikap FMIPA.; (7) hubungan antara pemahaman konsep dengan sikap FMIPA; dan (8) hubungan antara kemampuan numerik, kemampuan proses sains, pemahaman secara bersama-sama dengan sikap FMIPA UNIMED. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa FMIPA UNIMED semester 2 yang sudah selesai mengambil mata kuliah Biologi Umum I yang diambil dengan Cluster Sampling yaitu satu kelas dari setiap jurusan dengan jumlah 4 kelas sebanyak 160 mahasiswa dari populasi 27 kelas mahasiswa FMIPA UNIMED. Instrumen penelitian berupa tes untuk kemampuan numerik, keterampilan proses sains dan pemahaman konsep dan angket untuk sikap. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik analisis hipotesis teknik analisis jalur pada taraf α 0,05.Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar Biologi umum I (r = 0,249); (2) terdapat hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar Biologi Umum I (r = 0,150); (3) terdapat hubungan secara signifikan antara pemahaman konsep dengan hasil belajar Biologi Umum I (r = 0,303); (4) terdapat hubungan antara kemampuan numerik, keterampilan proses sains dan pemahaman konsep secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi Umum I (r = 0,387); (5) terdapat hubungan antara kemampuan numerik dengan sikap mahasiswa FMIPA UNIMED (r = 0,034); (6) terdapat hubungan yang sangat rendah antara keterampilan proses sains dengan sikap mahasiswa FMIPA UNIMED (r = 0,104); (7) terdapat hubungan antara pemahaman konsep dengan sikap mahasiswa FMIPA UNIMED (r = 0,220); (8) terdapat hubungan secara signifikan antara kemampuan numerik, keterampilan proses sains dan pemahaman konsep secara bersama-sama dengan sikap mahasiswa FMIPA UNIMED (r = 149). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa tingkat kemampuan numerik, keterampilan proses sains dan pemahaman konsep mempunyai peranan dalam peningkatan hasil belajar dan sikap mahasiswa FMIPA UNIMED akan biologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4352 |