PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 TANJUNGMORAWA

Suryono (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 TANJUNGMORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809173041 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809173041 Judul.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809173041 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809173041 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809173041 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809173041 Abstrak.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809173041 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809173041 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809173041 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809173041 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809173041 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809173041 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809173041 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809173041 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809173041 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809173041 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809173041 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809173041 Bab I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809173041 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809173041 Bab V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809173041 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809173041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media Camtasia dan yang dibelajarkan dengan Power Point; (2) perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media Camtasia dan pembelajaran dengan media konvensional; (3) perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Power Point dan pembelajaran dengan media konvensional; (4) perbedaan hasil belajar tentang keanekaragaman mahluk hidup siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik yang dibelajarkan dengan media Camtasia; (5) perbedaan hasil belajar tentang keanekaragaman mahluk hidup siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik yang dibelajarkan dengan media Power Point; dan (6) hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungmorawa Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 244 orang yang terbagi ke dalam 8 kelas paralel. Sedangkan sampel penelitian ini diambil 3 kelas yang dilakukan dengan teknik pengambilan acak kelompok (cluster random sampling) dengan jumlah 114 siswa, masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Kelas pertama belajar dengan menggunakan Camtasia, kelas kedua belajar dengan menggunakan power point, sedangkan kelas ketiga yang merupakan kelas kontrol dengan media konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar IPA pada materi keanekaragaman makhluk hidup, gaya belajar, dan keterampilan bertanya siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen (quasi eksperimental method) teknik analisis hipotesis uji t; analisis varians (anava); dan analisis regresi, pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Media Camtasia 85,26 ± 5,45 ( ± SD) tidak lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan Power Point 83,15 ± 6,84 (thitung = 1,384 ; p = 0,175); (2) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Media Camtasia 85,26 ± 5,45 ( ± SD) lebih tinggi daripada pembelajaran dengan media konvensional 75,52 ± 5.86 (thitung = 8,147 ; p = 0,000);(3) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Power Point 83,15 ± 6,84 ( ± SD) lebih tinggi daripada pembelajaran dengan media konvensional 75,52 ± 5,86 (thitung = 5,208 ; p = 0,000); (4) terdapat perbedaan hasil belajar tentang keanekaragaman mahluk hidup siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik yang dibelajarkan dengan Media Camtasia (Fhitung = 24,964; p = 0,000); (5) terdapat perbedaan hasil belajar tentang keanekaragaman mahluk hidup siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik yang dibelajarkan dengan Media Power Point (Fhitung = 6,770; p = 0,002); dan (6) tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa (p = 0,802).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 578.707 12 Sur p
Keywords: Keanekaragaman makhluk hidup; Media pembelajaran; Gaya belajar; Keterampilan bertanya; Komputer
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item
View Item