Mellyzar (2013) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN INKUIRI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142013 Judul.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2. 8116142013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8116142013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. 8116142013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. 8116142013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. 8116142013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. 8116142013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 8116142013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. 8116142013 Bab I.pdf - Published Version
Download (922kB) | Preview
10. 8116142013 Bab V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
11. 8116142013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) signifikansi strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (2) signifikansi media pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (3) ada tidaknya interaksi antara strategi dengan media pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (4) menentukan model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang menggunakan kurikulum nasional. Adapun yang menjadi sampel 4 kelas eksperimen dari SMA Negeri di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh. Kelas eksperimen I diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media berbasis komputer, kelas eksperimen II diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan praktikum di laboratorium, kelas eksperimen III menggunakan strategi inkuiri dengan praktikum di laboratorium dan kelas eksperimen IV menggunakan strategi inkuiri dengan media berbasis komputer. Teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur. Uji hipotesis menggunakan General Linear Model Multivariate dengan SPSS-19. Hasil yang diperoleh adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari media terhadap hasil belajar siswa dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari media terhadap kreativitas siswa, (3) terdapat interaksi antara strategi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (4) model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dengan media komputer, dan model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa adalah model inkuiri diintegrasikan dengan media komputer.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.340 712 Mel e |
Keywords: | Larutan penyangga; Pendidikan karakter; Praktikum; Komputer; Kreativitas; Strategi inkuiri; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4350 |