Siregar, Azhari Umar (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER MAHASISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126141001 Judul.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. 8126141001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
3. 8126141001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. 8126141001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. 8126141001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 8126141001 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. 8126141001 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8126141001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. 8126141001 Bab I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
10. 8126141001 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. 8126141001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan; 1) Perbedaan antara Hasil Belajar Mahasiswa yang diajar dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL) dan yang diajar dengan menerapkan Discovery Learning (DL), 2) Perbedaan antara kreatifitas mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL, 3) Perbedaan antara tanggung jawab mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL, 4) Pengaruh kreatifitas mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL terhadap Hasil Belajarnya, dan 5) Pengaruh tanggung jawab mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL terhadap Hasil Belajarnya. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan Program Studi Pendidikan Biologi. Sampel penelitian seluruh mahasiswa Semester VI. Instrumen untuk mengukur hasil belajar mahasiswa menggunakan soal uraian dan untuk mengukur karakter berupa kreatifitas dan tanggung jawab mahasiswa menggunakan lembar observasi.Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental. Sampel penelitian yang dibagi dalam dua kelas, dimana pada kelas yang satu dibelajarkan dengan Model PBL dan kelas lainnya dibelajarkan dengan Model DL. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan bantuan program IBM SPSS Versi 19.0 pada taraf signifikan α = 0,05. Uji Hipotesis yang digunakan adalah Analisis Independent Sampel T-Test dan Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Hasil Belajar Mahasiswa yang diajar dengan menerapkan PBL dan yang diajar dengan menerapkan DL, 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL, 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tanggung jawab mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL, 4) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL terhadap Hasil Belajarnya, dan 5) Terdapat pengaruh tanggung jawab mahasiswa yang terbentuk melalui PBL dan yang terbentuk melalui DL terhadap Hasil Belajarnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Kreatif; Karbohidrat; Discovery learning; Media pembelajaran; Pendidikan karakter; Tanggungjawab; Problem based learning |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4343 |