Nainggolan, Sintong UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS BERPIKIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BILAH BARAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188730049 Judul.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. 081188730049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
3. 081188730049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. 081188730049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. 081188730049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 081188730049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 081188730049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 081188730049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 081188730049 Bab I.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
10. 081188730049 Bab V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
11. 081188730049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pencapaian konsep pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat. (2) meningkatkan kreatifitas berpikir siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pencapaian konsep pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat. (3) mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran pencapaian konsep berlangsung. (4) mengetahui proses penyelesaian masalah pemahaman konsep dan kreativitas berpikir setelah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII–A SMP Negeri 1 Bilah Barat tahun pelajaran 2012/ 2013. Instrumen yang digunakan tes pemahaman konsep dan tes kreativitas berpikir, Lembar Kerja Siswa (LKS), lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kemampuan guru mengajar. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator dan berdasarkan perhitungan maka instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat. Anlisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas berpikir dengan kriteria “Sangat Kurang, Kurang, Cukup, Baik, Sangat Baik”. Analisis kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas berpikir dilakukan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Penelitian dihentikan ketika tingkat kemampuan pemahaman dan kreativitas berpikir siswa secara klasikal minimal 80% berada pada kategori minimal cukup. Hasil penelitian pada siklus I secara klasikal tingkat pemahaman konsep sebesar 75% atau 24 orang siswa dan tingkat kreativitas berpikir sebesar 62,5% atau 20 orang. Pada siklus II secara klasikal tingkat pemahaman konsep sebesar 96,875% atau 30 orang siswa dan tingkat kreativitas berpikir sebesar 90,625% atau 29 orang. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran model pencapaian konsep dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kreativitas berpikir siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Bilah Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya guru mata pelajaran matematika agar pembelajaran model pencapaian konsep dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman konsep; Bangun datar; Segiempat; Kreativitas; Penelitian tindakan kelas; Model pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4334 |