Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menulis Puisi Bebas Kelas IV SD Negeri 166492 Kota Tebingtinggi

Susilawati (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menulis Puisi Bebas Kelas IV SD Negeri 166492 Kota Tebingtinggi. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 8196182010.SUSILAWATI.COVER..pdf]
Preview
Text
1.NIM 8196182010.SUSILAWATI.COVER..pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 8196182010.SUSILAWATI.PENGESAHAN. docx.pdf]
Preview
Text
2.NIM 8196182010.SUSILAWATI.PENGESAHAN. docx.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 8196182010.SUSILAWATI.KATA PENGANTAR..pdf]
Preview
Text
3.NIM 8196182010.SUSILAWATI.KATA PENGANTAR..pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 8196182010.SUSILAWATI.ABSTRAK..pdf]
Preview
Text
4.NIM 8196182010.SUSILAWATI.ABSTRAK..pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 8196182010.SUSILAWATI.DAFTAR ISI..pdf]
Preview
Text
5.NIM 8196182010.SUSILAWATI.DAFTAR ISI..pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 8196182010.SUSILAWATI.DAFTAR TABEL..pdf]
Preview
Text
6.NIM 8196182010.SUSILAWATI.DAFTAR TABEL..pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 8196182010.SUSILAWATI.BAB I.pdf]
Preview
Text
7.NIM 8196182010.SUSILAWATI.BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 11.NIM 8196182010.SUSILAWATI.BAB V..pdf]
Preview
Text
11.NIM 8196182010.SUSILAWATI.BAB V..pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM 8196182010.SUSILAWATI.DAFTAR PUSTAKA..pdf]
Preview
Text
12.NIM 8196182010.SUSILAWATI.DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan dan keefektifan pengembangan modul pembelajaran berbasis experiential learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri 166492 Kelurahan Tanjung Marulak Kota Tebingtinggi Provinsi Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 166492 Kota Tebingtinggi tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validitas ahli materi 85,42%, ahli desain 94,23%, dan ahli bahasa 94, 44 %. Dari hasil validasi modul yang dikembangkan maka modul termasuk dalam kriteria sangat baik dan dinyatakan valid serta layak untuk digunakan; (2) Modul pembelajaran berbasis experiential learning dikategorikan praktis karena modul hasil tanggapan respon siswa dari uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan; dan (3) Berdasarkan hasil penelitian modul pembelajaran berbasis experiential learning dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan asumsi nilai Bahasa indonesia siswa lebih tinggi saat menggunakan modul.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.623 Sus p
Keywords: Experiential Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif; Menulis Puisi Bebas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:12
Last Modified: 24 Sep 2021 05:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43328

Actions (login required)

View Item
View Item