Fitria, Herlin (2021) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Negeri Cot Meuraja. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182019 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 8176182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM. 8176182019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8176182019 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 8176182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 8176182019 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 8176182019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 8176182019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8176182019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
13. NIM. 8176182019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 8176182019 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematik realistik dibandingkan dengan pendekatan konvensional; (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara pendekatan matematik realistik dan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan SD Negeri Cot Meuraja. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematik realistik lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 < 0,05); (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 2 Fit p |
Keywords: | Matematika Realistik; Kemandirian Belajar; Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 04:56 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43326 |