Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 105316 Beranti

Sembiring, Polintan Rehulina (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 105316 Beranti. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8196182021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8196182021 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8196182021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 8196182021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8196182021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 8196182021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8196182021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 8196182021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5.  8196182021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 8196182021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8196182021 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 8196182021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8196182021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 8196182021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8196182021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 8196182021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8196182021 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 8196182021 BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8196182021 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 8196182021 BAB V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8196182021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 8196182021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan bulan April sampai Mei 2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 105316 Beranti banyaknya 44 siswa yang ditentukan secara acak dengan teknik random sampling. Sampel penelitian adalah kelas IVA sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dengan nilai rata-rata 85.92 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 80.00, hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 4.33 > nilai Ftabel sebesar 3.22 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0.00 < 0.05, sehingga H0 ditolak, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata 86.17 dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan rata-rata 71.79. Hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 29.46 > nilai Ftabel sebesar 3.22 dan nilai signifikan 0.013 < 0.05, sehingga H0 ditolak, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 8.81 > nilai Ftabel sebesar 3,22 dan signifikansi 0.014 < 0.05, sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 323.6 Sem p
Keywords: Discovery Learning; Motivasi Belajar; Hasil Belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:54
Last Modified: 24 Sep 2021 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43318

Actions (login required)

View Item
View Item