Syafitri, Anis (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Kimia untuk Mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Kimia Semester Ganjil Kelas XI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186142003 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8176176016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. NIM. 8186142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 8186142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM. 8186142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 8186142003 TABLE.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 8186142003 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. NIM. 8186142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 8186142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
13. NIM. 8186142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8186142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan instrumen penilaian hasil belajar kimia semester ganjil kelas XI yang digunakan di sekolah dalam mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) siswa, taraf kelayakan instrumen penilaian HOTS berdasarkan validitas isi, hasil analisis item terhadap instrumen penilaian HOTS dengan pemodelan Rasch, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa yang diukur dengan instrumen penilaian HOTS, dan respon siswa terhadap instrumen penilaian HOTS yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa instrumen penilaian hasil belajar kimia yang digunakan di sekolah belum mampu mengukur kemampuan HOTS siswa. Sehingga dilakukan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar untuk mengukur HOTS. Hasil uji validitas isi oleh dosen dan guru berada pada kategori valid. Terdapat uji asumsi dalam pemodelan Rasch, yaitu asumsi unidimensionalitas dengan Principal Component Analysis (PCA) dan independensi lokal yang telah terpenuhi. Hasil analisis item dengan Rasch diperoleh 33 dari 45 soal terkategori baik untuk digunakan sebagai alat untuk mengukur HOTS siswa. Instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki kemampuan yang baik dalam mengukur HOTS siswa dengan perolehan 57% siswa memiliki kemampuan sedang, 43% kemampuan rendah, dan 0% yang memiliki kemampuan tinggi. Respon siswa terhadap penggunaan instrumen HOTS dalam bentuk googleform berada pada kategori sangat baik. Produk berupa instrumen penilaian hasil belajar kimia yang dikembangkan valid dan memenuhi persyaratan kualitas soal yang baik serta dapat digunakan untuk mengukur kemampuan HOTS siswa dan dapat digunakan secara online.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sya p |
Keywords: | HOTS; instrumen penilaian hasil belajar kimia; PCA; rasch model; ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 02:31 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43314 |