Novira, Putri (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Pembelajaran dengan Media Video Animasi Menggunakan Model PBL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196141003 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8196141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 8196141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8196141003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8196141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 8196141003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8196141003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8196141003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8196141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 8196141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 8196141003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
Abstract
Banyak permasalahan dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa disebabkan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan untuk materi/bahan ajar kimia yang bersifat abstrak, sehingga perlu penggunaan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kelayakan penggunaan media video animasi berdasarkan kriteria BSNP; pengaruh penggunaannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit; dan dalam hal ini apakah motivasi belajar siswa berkorelasi positif terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah adaptasi pada pendekatan ADDIE. Penelitian tahap implementasi penggunaan media video animasi tersebut dilakukan dengan Pre-Ekperiment Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Desig n. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, angket BSNP modifikasi dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan pembelajaran dengan media video animasi menggunakan model PBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit: (1) rata-rata kelayakan penggunaan media video animasi tersebut pada semua kriteria BSNP adalah kategori sangat layak (kelayakan isi = 3,75; kelayakan bahasa = 3,79; dan kelayakan penyajian =3,70); (2) penggunaannya berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa tersebut (dengan skor N-gain sebesar 0,64); dan (3) motivasi belajar siswa berkorelasi positif secara signifikan terhadap hasil belajarnya (dengan koefisien korelasi = 0,75 pada tingkat signifikansi 5%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.072 Nov u |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Video Animasi; Model PBL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 10:46 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 10:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43308 |