Manalu, Santy (2021) Pengaruh Strategi Heuristik Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Hasil Belajar Siswa Materi Nilai Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VI SD swasta HKBP 2 SIDORAME Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196182029 - COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. 8196182029 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
3. 8196182029 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
4. 8196182029 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. 8196182029 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. 8196182029 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. 8196182029 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. 8196182029 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. 8196182029 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. 8196182029 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. 8196182029 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Strategi pembelajaran heuristik dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. 3) Interaksi antara strategi pembelajaran heuristik dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan bulan April sampai Mei 2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDS HKBP 2 SIDORAME Medan dengan jumlah 50 siswa. Adapun sampelnya adalah kelas VIA sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran heuristik dengan nilai rata-rata 86,15 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan rata-rata 76.39, hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 3,795 > nilai Ftabel sebesar 3.19 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,08 < 0,05, sehingga H0 ditolak; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dengan rata-rata 88,409 dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan rata-rata 68.133. Hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 90,448 > nilai Ftabel sebesar 3,19 dan nilai signifikan 0,00 < 0.05, sehingga H0 ditolak; (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran heuristik dan kemmapuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 4,134 > nilai Ftabel sebesar 3,19 dan signifikansi 0,006 < 0,05, sehingga H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Man p |
Keywords: | strategi pembelajaran heuristik; kemampuan berpikir kristis; hasil belajar PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 10:42 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 10:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43307 |