Br Ginting, Br Ginting (2021) Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Guru SMK di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan Listrik Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8146124006 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 8146124006 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
3. NIM 8146124006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 8146124006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 8146124006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM 8146124006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8146124006 GRAPHICS.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 8146124006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM 8146124006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
14. NIM 8146124006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 8146124006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan (1) Proses Penyelenggaraan Program Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SMK di BBPPMPV BBL Medan. (2) Hasil Program diklat Peningkatan Kompetensi Guru SMK di BBPPMPV BBL Medan. (3) Dampak diklat terjadinya perubahan perilaku dan implementasi kompetensi keterampilan peserta diklat di unit kerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluative dengan evaluasi program penyelenggaraan diklat menggunakan model evaluasi Kirkpatrick .
Subjek penelitian adalah Peserta diklat Guru SMK, Penyelenggara Program diklat, dan Fasilitator. Data diperoleh dari angket, wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu secara kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari 30 peserta yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara. Proses Penyelenggaraan Program Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SMK pada tahap pertama mode daring dan tahap kedua Praktikum diklat dengan tatap muka.
Model yang digunakan adalah model evaluasi Kirkpatrick., dengan perincian pada level reaksi diuraikan Reaksi peserta diklat terhadap layanan penyelenggara, fasilitator. Semua peserta diklat memberikan reaksi positif dengan kualifikasi “Sangat Memuaskan” .Pada level Belajar peserta diklat terdapat peningkatan kompetensi guru ditinjau dari hasil pre test dan hasil post test ,demikian juga peningkatan kompetensi peserta pada diklat praktikum lulus dengan rata-rata kualifikasi nilai “Baik “ dan“ Sangat Baik “. Pada level Perilaku nilai sikap peserta diklat berpredikat “ Sangat Baik.”
Untuk mengetahui dampak diklat dilakukan evaluasi paska diklat,dimana pelaksanaannya dilakukan diunit kerja alumni diklat. Dengan penilaian perilaku terhadap peserta diklat berdasarkan persepsi Kepala Sekolah, rekan sejawat, dan persepsi dari siswa. Dengan perolehan nilai perilaku “Sangat Memuaskan “. Berdasarkan kinerja evaluasi Kirkpatrick dapat menggambarkan hasil evaluasi yang mencakup seluruh aspek diklat . Proses Penyelenggaraan Program Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SMK tahun 2020 dapat dikatakan Berhasil dengan Predikat Sangat Baik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 370.7 Gin e |
Keywords: | Evaluasi Program; Model Kickpatrick; Diklat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 10:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 10:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43270 |