Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berbasis Ekologi Berbentuk Flip Book Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidempuan. Tesis. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Hasibuan, MHD. Hamzah Fansuri (2021) Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berbasis Ekologi Berbentuk Flip Book Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidempuan. Tesis. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176191008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176191008 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176191008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176191008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176191008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176191008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176191008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176191008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176191008 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176191008 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176191008 LIST OF STRATURE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176191008 LIST OF STRATURE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176191008 TABELS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176191008 TABELS.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176191008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176191008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176191008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176191008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176191008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176191008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176191008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176191008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidempuan dengan rumusan masalah (1)Bagaimana proses pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan (2) Bagaimana kelayakan bahan ajar yang dkembangkan pada menulis teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media bahan ajar dalam menulis teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu berbentuk electrik book. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan R&D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli desain, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidempuan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data analisa kebutuhan seluruh guru menyatakan 100% memerlukan bahan ajar menulis eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book, sedangkan siswa 29 orang 90,62% mengatakan memerlukan bahan ajar menulis eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book (1) Validasi dari ahli materi terhadap aaspek kelayakan materi sebesar 82,81% kategori sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 82,5% kategori sangat baik dan kelayakan bahasa sebesar 78,84% kategori baik. (2) Validasi dari ahli desain tampilan visual 85,22% kategori sangat baik dan desain pembelajaran sebesar 82,95% kategori sangat baik.(3) Penilaian guru terhadap bahan ajar sebesar 93,33% kategori sangat baik. (4) Uji coba perorangan sebesar 84,72% kategori sangan baik. (5) Uji coba kelompok kecil sebesar 90,04% kategori sangat baik. (6) Uji coba kelompok terbatas sebesar 94.33% kategori sangat baik. Hasil belajar memproduksi teks eksplanasi sebelum berbasis ekologi berbentuk flip book memperoleh sebesar 63,87% sedangkan hasil belajar memproduksi teks eksplanasi setelah berbasis ekologi berbentuk flip book memperoleh sebesar 79,96%. Selisih yang diperoleh 16,09% dari sebelum dan sesudah menggunakan berbasis ekologi berbentuk flip book. Hasil penelitian ini kategorikan “Baik/Valid” dan layak diterapkan disekolah dengan melalui tahap pengujian/penilaian dari Ahli Materi , Ahli Desain, Dosen, Guru dan Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808 Has p
Keywords: bahan ajar; teks eksplanasi; ekologi; flip book
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2021 10:07
Last Modified: 09 Sep 2021 10:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43267

Actions (login required)

View Item
View Item