Tamba, Nurhanifa (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV SDN 157013 Sibabangun 5 Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196181011_COVER NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 8196181011_PENGESAHAN NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM. 8196181011_ABSTRAK NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 8196181011_KATA PENGANTAR NURHANIFA TAMBA (1).pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM. 8196181011_DAFTAR ISI NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 8196181011_DAFTAR TABEL NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 8196181011_DAFTAR GAMBAR NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 8196181011_DAFTAR LAMPIRAN NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 8196181011_BAB I NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13. NIM 8196181011_BAB V NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
14. NIM. 8196181011_DAFTAR PUSTAKA NURHANIFA TAMBA.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan software media pembelajaran untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research And Development R&D). Hasil penelitian dalam tahap pengembangan powerpoint interaktif menunjukkan bahwa: (1) penilaian ahli materi berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,43, (2) penilaian ahli media I berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,27, (3) penilaian ahli media II berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,57. Media powerpoint interaktif sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SDN 157013 Sibabangun 5. Hal ini dibuktikan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen menggunakan media powerpoint interaktif diperoleh 88,64 dengan N-Gain 0,7 “Tinggi”. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol menggunakan buku bacaan diperoleh 75,68 dengan N-Gain 0,5 “Sedang”. Hal ini membuktikan bahwa powerpoint interaktif lebih efektif digunakan dan teruji kebenarannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di Kelas IV SDN 157013 Sibabangun 5 Kabupaten Tapanuli Tengah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Tam p |
Keywords: | Powerpoint Interaktif; Indahnya Kebersamaan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 08:45 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43255 |