Harahap, Siti Zahara H. (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 24 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116172020 Judul.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 8116172020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. 8116172020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. 8116172020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. 8116172020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. 8116172020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. 8116172020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. 8116172020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. 8116172020 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116172020 Bab V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
11. 8116172020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan penalaran logis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran logis siswa, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (5) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Medan dengan sampel 56 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan penalaran logis dan tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan kemampuan penalaran logis dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada kemampuan penalaran logis dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran logis dan komunikasi matematis siswa, (3) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran logis dan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Har p |
Keywords: | Penalaran logis; Komunikasi matematis; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Model pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4324 |