Tampubolon, Randi (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Metakognisi Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172044 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM 8176172044 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3. NIM. 8176172044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 8176172044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM. 8176172044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 8176172044 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 8176172044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM 8176172044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12 .NIM 8176172044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. NIM 8176172044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kevalidan perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan metakognisi siswa, 2) tingkat keefektifan perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan metakognisi siswa, 3) tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan metakognisi siswa, 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis masalah, 5) peningkatan kemampuan metakognisi siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah RPP, LKPD, BPG, dan BS. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, dan test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas konstruk. 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis,. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, 4) Terdapat peningkatan N-Gain kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan perangkat berbasis masalah yang dikembangkan pada ujicoba I sebesar 0,32 dalam kategori rendah meningkat pada ujicoba II sebesar 0,53 dalam kategori sedang. 5) Terdapat peningkatan N-Gain kemampuan metakognisi siswa menggunakan perangkat berbasis masalah yang dikembangkan pada ujicoba I sebesar 0,29 dalam kategori rendah pada ujicoba II sebesar 0,47 dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 2 Tam p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Metakognisi Siswa; dan Model Dick and Carey |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 03:13 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43231 |