Damanik, Erika Yusnita (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PENALARAN LOGIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SMP NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116172005 Judul.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. 8116172005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8116172005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4. 8116172005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. 8116172005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. 8116172005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. 8116172005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
8. 8116172005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. 8116172005 Bab I.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
10. 8116172005 Bab V.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
11. 8116172005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menelaah: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi PMR dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diberi PMR dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa; (3) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis; (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis; (5) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis dan penalaran logis siswa pada PMR dan pembelajaran biasa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Pematangsiantar dengan sampel 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan penalaran matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas 0,887 (sanagat tinggi). Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. dalam penelitian ini data berasal dari sampel yang berdistribusi normal dan varians yang homogen dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan PMR lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan PMR lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan penalaran logis; (5) Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada PMR lebih baik daripada pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pendekatan matematika realistik (PMR) dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dam p |
Keywords: | Matematika realistik; Penalaran logis; Pemecahan masalah; Pendekatan pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4323 |