Fitria (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Menulis Puisi dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186191007 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM 8186191007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8186191007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 8186191007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM. 8186191007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 8186191007 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 8186191007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 8186191007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 8186191007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13. NIM. 8186191007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
14. NIM. 8186191007 BIBIOLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah belum digunakan media elektronik dalam pembelajaran menulis teks puisi, dan kesulitan siswa merangkai kata serta gagasan dalam menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran google sites menulis teks puisi dengan pendekatan kontekstual, (2) untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran google sites menulis teks puisi dengan pendekatan kontekstual, dan (3) untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran google sites menulis teks puisi dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate) dan media pembelajaran yang dihasilkan dalam bentuk pranala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli materi meliputi kelayakan materi 94,12% dengan kategori sangat baik, kelayakan bahasa 92,56% dengan kategori sangat baik, kelayakan penyajian 95,35% dengan kategori sangat baik, dan kelayakan kontekstual 90,27% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli desain meliputi pengantar pembelajaran 93,75% dengan kategori sangat baik, desain antarmuka 97,2% dengan kategori sangat baik, kualitas penyajian media 97,32% dengan kategori sangat baik. (2) Uji coba terbatas mendapat skor 92,22% dengan kategori sangat baik. Uji coba diperluas mendapat skor 95,85% dengan kategori sangat baik, dan (3) hasil keefektifan media pembelajaran diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. Skor rata-rata pada pretest 51,17% dan pada posttest 90,13%. Selisih dari pretes dan posttest adalah 30,00%. Dengan demikian, media pembelajaran google sites menulis teks puisi dengan pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.810 72 Fit p |
Keywords: | google sites; menulis teks puisi; pendekatan kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 02:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43223 |