Ritonga, Nurul Indriyani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Film Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2161111031 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 2161111031 APROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
3. NIM. 2161111031 ABSTRAK.pdff.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 2161111031 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 2161111031 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 2161111031 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 2161111031 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
8. NIM. 2161111031 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
12. NIM. 2161111031 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
13. NIM. 2161111031 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 312 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-3 berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 61,25 dengan katagori cukup dan belum memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 81,13 dengan katagori baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,0937< 0,1566), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1448< 0,1566). Hasil uji homogenitas keterampilan menulis teks ulasan film adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,15<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 11,62 > 2,040, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha ) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving berbantuan media audiovisual memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teks Ulasan Film; Creative Problem Solving; Media Audiovisual |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 11:55 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 11:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43207 |