Sibarani, Chriswijaya (2014) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN SOAL OPEN ENDED DI KELAS VIII SMP N 2 SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171001 Judul.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. 8126171001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8126171001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8126171001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. 8126171001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. 8126171001 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 8126171001 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 8126171001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. 8126171001 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. 8126171001 Bab V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
11. 8126171001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa melalui pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended; (3) mengetahui adanya interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas siswa; (4) mengetahui adanya interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis; dan (5) melihat ragam jawaban siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP N 2 Siantar, dengan VIII-4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan VIII-6 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil uji coba, diperoleh th tes kreativitas adalah 10,01; 12,88; 9,186; dan 11,40 sedangkan untuk pemecahan masalah adalah 8,417; 5,36; 7,25; dan 7,097 dengan reliabilitas tes kreativitas 0,911 dan pemecahan masalah 0,796.Hasil penelitian ini adalah : (1) peningkatan kreativitas siswa,yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended lebih tinggi dibandingkan pembelajaran biasa; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended lebih tinggi dibandingkan pembelajaran biasa; (3) tidak terdapat interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas siswa; (4) tidak terdapat interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (5) ragam jawaban siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa; (6) penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kreativitas bagi siswa berkemampuan awal rendah dan sedang; dan (7) penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan soal open ended memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis bagi siswa berkemampuan awal sedang. Nilai Fh untuk peningkatan kreativitas adalah 36,146 dan pemecahan masalah adalah 12,366. Nilai Fh untuk interaksi KAM*Pembelajaran pada peningkatan kreativitas adalah 0,806 sedangkan pemecahan masalah adalah 0,275.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sib p |
Keywords: | Kreativitas; Berpikir kreatif; Pemecahan masalah; Masalah matematis; Soal terbuka; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4320 |