Sari, Dira Puspita (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DI SMP NEGERI 23 TERBUKA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171005 Judul.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. 8126171005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126171005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. 8126171005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. 8126171005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. 8126171005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. 8126171005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 8126171005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. 8126171005 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171005 Bab V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
11. 8126171005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended pada materi persegi panjang dan layang-layang terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa di SMPN 23 Terbuka Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan yang diperoleh, siswa diberikan tes kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan angket self efficacy matematis siswa dianalisis dengan menggunakan gain ternormalisasi dan kemudian dilanjutkan dengan ANAVA dua jalur untuk mengetahui terdapat tidaknya interaksi antara kemampuan awal siswa terhadap pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,434243 sementara rata-rata n-gain pada kelas kontrol adalah sebesar 0,212403. (2) peningkatan Self Efficacy matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hal ini sesuai dengan n-gain di kelas kontrol adalah 0,388 sedangkan pada kelas eksperimen adalah 0,473. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan layang-layang. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap Self Efficacy matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sar p |
Keywords: | Berpikir kreatif; Sel efficacy; Open ended; Pembelajaran matematika; Pembelajaran biasa; Kemampuan awal |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4316 |