Habeahan, Winmery Lasma (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI SMP NEGERI 2 SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171040 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 8126171040 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. 8126171040 Abstrak.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. 8126171040 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. 8126171040 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. 8126171040 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 8126171040 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. 8126171040 Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. 8126171040 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10. 8126171040 Bab I.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
11. 8126171040 Bab V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
12. 8126171040 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematik siswa yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) mengetahui adanya interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa, dan (3) melihat proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 2 Siantar, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-5 sebagai kelas kontrol yang masing- masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,858 untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan 0,857 untuk tes kreativitas matematik siswa. Penelitian ini menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematik siswa, dan (3) proses jawaban siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Hab p |
Keywords: | Kreativitas; Model pembelajaran; Pemecahan masalah; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4313 |