Hijriati (2021) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis PISA Untuk Materi Optik di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186176007 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8186176007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 8186176007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 8186176007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 8186176007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 8186176007 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8186176007 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8186176007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 8186176007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. NIM. 8186176007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 8186176007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan tes berbasis PISA siswa SMA pada materi Optik yang memenuhi kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Developmental Research), dengan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kualitatif, kualitas tes soal memenuhi kriteria valid dan efektif dengan persentasi keidealan rata – rata 88,695%. Hasil analisis Kuantitatif kualitas tes berbasis PISA adalah baik. Analisis 38 butir soal pada uji kelompok kecil diperoleh 30 butir soal diterima dan 8 butir soal ditolak. Uji kelompok besar diperoleh: (1) 28 butir soal valid (93,33%), 2 soal tidak valid (6,67%). (2) reliabilitas soal termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai sebesar 0,802. (3) 12 (40,00%) soal dalam kategori mudah, 12 (40,00%) soal kategori sedang dan 6 (20,00%) soal kategori sukar. (4) Daya pembeda soal didapatkan 12 (40,00%) soal dalam kategori baik sekali, 14 (46,67%) soal dalam kategori baik, 1 (3,33%) soal dalam kategori cukup, 1 (3,33%) soal dalam kategori jelek dan 2 (6,67%) soal dalam kategori sangat jelek. (5) 28 (93,33%) soal efektif dan 2 (6,67%) soal tidak efektif. Butir soal yang diterima sebanyak 25 (83,33%) soal, 3 (10,00%) soal direvisi dan 2 (6,67%) soal ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 535.207 2 Hij p |
Keywords: | Instrumen tes berbasis PISA; Optik; Validitas; Reliabilitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:48 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43111 |