Nisya, Khairun (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186175001 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 8186175001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 8186175001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 8186175001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 8186175001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 8186175001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8186175001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8186175001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 8186175001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
13. NIM. 8186175001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 8186175001 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Peneltian ini untuk menganalisis kelayakan, keefektifan dan kepraktisan bahan ajar fisika berbasis STEM, dan untuk mengetahui peningkatan sebagian keterampilan 4C siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar fisika berbasis STEM. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE meliputi tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MAS Ponpes Darul Qur’an. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, lembar penilaian keefektifan bahan ajar, dan lembar penilaian kepraktisan bahan ajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar fisika berbasis STEM yang dikembangkan dalam kategori sangat layak menurut ahli materi dan desain, sangat efektif ditinjau dari hasil belajar dan penilain guru terhadap bahan ajar fisika berbasis STEM, dan sangat praktis ditinjau dari respon siswa dan penilaian para ahli terhadap bahan ajar fisika berbasis STEM. Hasil belajar siswa yang di uji dengan analisis N-gain menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis STEM mampu meningkatkan sebagian keterampilan 4C siswa. Jadi bahan ajar fisika berbasis STEM telah memenuhi kriteria layak, efektif, praktis, dan mampu meningkatkan sebagian ketrerampilan 4C siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Nis p |
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Fisika;STEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:42 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43110 |