Gulo, Harry Davince (2021) Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176176005 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 8176176005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM 8176176005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 8176176005 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 8176176005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 8176176005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8176176005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8176176005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176176005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
13. NIM 8176176005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM 8176176005 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar IPA berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan APPED dengan tahapan: analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi dan diseminasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mandrehe. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan media, penilaian guru IPA dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis multimedia interaktif, dan lembar observasi aktivitas siswa yang digunakan pada setiap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis multimedia interaktif telah memenuhi kriteria valid dengan pencapaian 86,5% dengan kategori “sangat valid”. Bahan ajar sudah praktis dengan pencapaian 83,8% dengan kategori “baik” dan telah efektif dengan perkembangan aktivitas mencapai 85,51% dengan kategori “sangat aktif” dan respon siswa terhadap bahan ajar telah mencapai 87,17% dengan kategori “sangat tinggi”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 2 Gul p |
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar IPA; Multimedia Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:15 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43107 |