Nursa'adah, Rizki (2021) Pengetahuan Tes Objektif Kemampuan Pengetahuan Tingkat Tinggi Fisika SMA Materi Suhu dan Kalor. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176176017 COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM 8176176017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM 8176176017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM 8176176017 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM 8176176017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 8176176017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8176176017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8176176017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176176017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM 8176176017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 8176176017 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif kemampuan pengetahuan tingkat tinggi pada materi Suhu dan Kalor di SMA yang memenuhi standar kualifikasi tes yang baik ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research), dengan menggunakan metode pengembangan penelitian ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evalution). Tahap analisis diperoleh hasil minimnya variasi dalam assesmen dan siswa masih kurang memperoleh soal fisika kemampuan pengetahuan tingkat tinggi pada materi Suhu dan Kalor. Materi soal fisika yang dikembangkan meliputi suhu, kalor, pemuaian, Asas Black, perpindahan kalor, perubahan wujud zat, gas ideal dan termodinamika. Tahap desain diperoleh hasil 50 butir soal berdasarkan analisis pengetahuan tingkat tinggi. Tahap pengembangan diperoleh 38 butir soal dalam kategori sangat valid dengan persentase 92,4 % berdasarkan validasi isi oleh 3 ahli, baik dari segi materi, konstruk, dan bahasa. Hasil dari tahap implementasi dan evaluasi menunjukkan bahwa dari 50 butir soal yang dikembangkan, 39 butir soal telah memenuhi kriteria kualitas tes yang baik, berdasarkan uji validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, dan efektivitas pengecoh pada uji coba kelompok kecil maupun uji coba kelompok besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 536.607 2 Nur p |
Keywords: | Tes Kemapuan Pengetahuan Tingkat Tinggi; Suhu dan Kalor; Validitas; Reliabilitas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography > GC150 Physical oceanography > GC160 Temperature L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:10 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43106 |