Ramadani, Fitri (2021) Pengembangan Video Eksperimen Saintifik Fisika Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Materi Optik Geometri Di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176176004 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 8176176004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM 8176176004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8176176004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM 8176176004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM 8176176004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8176176004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8176176004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176176004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM 8176176004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 8176176004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) membawa implikasi pada tiap generasi dalam berbagai ilmu pengetahuan. Terutama dalam bidang pendidikan yang menuntut sistem pembelajaran yang dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui video eksperimen saintifik fisika berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada materi optik geometri di SMA memenuhi syarat kualifikasi baik dalam aspek validitas, Memenuhi syarat kepraktisan peserta didik, dan untuk meningkat hasil belajar. Metode penelitian ini adalah (research and development/R&D) dari Borg and Gall (1988). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Takengon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan media video dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli, serta angket respon peserta didik dengan kategori baik.oleh ahli media video (1) memperoleh nilai rata-rata 89,8%, video (2) memperoleh nilai rata-rata 91,8%, video (3) memperoleh nilai rata-rata 93,8%, memiliki kategori valid. Oleh ahli materi video (1) memperoleh nilai rata-rata 86,8%, video (2) memperoleh nilai rata-rata 92,6%, video (3) memperoleh nilai rata-rata 89%, memiliki kategori valid. Tingkat kepraktisan video berdasarkan lima aspek uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 81,4% dengan kategori cukup praktis dan uji coba kepraktisan lapangan memperoleh nilai rata-rata 83,4% dengan kategori cukup praktis. Dan tingkat keefektifan video terhadap hasil belajar berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain pada nilai pretest dan postest memperoleh 0,73 dengan kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 532.507 2 Ram p |
Keywords: | Media pembelajaran; Eksperimen; Optik geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:03 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43105 |