Suriyani (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS NEGERI 2 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171035 Judul.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. 8126171035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
3. 8126171035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. 8126171035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. 8126171035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 8126171035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8126171035 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. 8126171035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
9. 8126171035 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171035 Bab V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
11. 8126171035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pendekatan Open-Ended dan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, (2)untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-Ended dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan (4) untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII dengan mengambil sampel empat kelas (dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol) melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket kemandirian belajar. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian pendekatan Open-Ended dapat direkomendasikan menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir kreatif dan kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sur p |
Keywords: | Berpikir kreatif; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran matematika; Open ended; Kemandirian |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4310 |