Hutabarat, Nur Nahar (2021) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra Harapan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176122017 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 8176122017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
3. NIM 8176122017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 8176122017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 8176122017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM8176122017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM 8176122017 TABLE OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM 8176122017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
9. NIM 8176122017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 8176122017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM 8176122017 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra harapan.dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan media E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra harapan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sering dikenal sebagai penelitian R & D, model ini dipilih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran, dan siswa kelas X SMK Citra Harapan T.A 2020/2021 yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa dan hasil praktik siswa.
Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (94,44%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (92,94%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 97,35%). Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra harapan layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan e-modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 10,691, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel untuk hasil praktik diperoleh harga harga t hitung = 11,023, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit sebesar 85 %, Sedangkan Kelompok siswa yang menggunakan buku teks sebesar 68%. Untuk efektivitas hasil praktik, rata-rata hasil praktik pada kelompok siswa yang menggunakan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit sebesar 91 %, Sedangkan Kelompok siswa yang menggunakan buku teks sebesar 77%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran penyelesaian tepi pakaian daripada tanpa menggunakan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Hut p |
Keywords: | Pengembangan e-modul pembelajaran; tata busana dan Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 10:14 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 10:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43097 |