Rahmansyah, Rian (2021) Pengembangan E-Modul Terintegrasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176142015 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM 8176142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM 8176142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8176142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 8176142015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 8176142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 8176142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 8176142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
9. NIM 8176142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM 8176142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM 8176142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Banyak permasalahan dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa disebabkan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan untuk materi/bahan ajar kimia, sehingga diperlukan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kelayakan penggunaan e-modul berdasarkan keriteria BSNP. serta untuk mengembangkan e-modul terintegrasi model pembelajaran Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Penelitian ini menggunaan metode pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap Analysis, Design, dan Development merupakan tahap pengembangan e-modul terintegrasi Blended Learning. Sementara tahap Implementasi dan Evaluation merupakan tahap uji coba E-Modul terintegrasi Blended Learning di salah satu sekolah di Kota Medan pada kelas XI MIPA semester genap. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I menggunakan e-modul terintegrasi Blended Learning dan eksperimen II menggunakan buku ajar di sekolah. Berdasarkan kriteria BSNP, hasil dari analisis 3 buku ajar yang beredar memperoleh nilai kelayakan isi sebesar 2.20; kelayakan bahasa sebesar 2.39; kelayakan penyajian 2.20; dan kelayakan kegrafikan 2.17; sedaangkan untuk e-modul terintegrasi Blended Learning memperoleh kalayakan isi sebesar 3.60; kelayakan bahasa 3.66; kelayakan penyajian 3.68; dan kelayakan kegrafikan 3.65. Rerata perbedaan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 87,03 sedangkan kelas control sebesar 80,78. Untuk rerata motivasi kelas eksperimen dan kontrol berturut sebesar 88,72 dan 79,93. Uji korelasi terhadap hasil belajar dan motivasi diperoleh angka korelasi sebesar 0,805. Kesimpulan yang dapat diambil pada penggunaan e-modul terintegrasi Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Rah p |
Keywords: | Pengembangan; e-modul; blended learning; motivasi; hasil belajar kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 09:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 09:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43094 |