Nisa, Khairun (2020) Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Berdasarkan Model Toulmin Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2161111023 COVER PDF.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 2161111023 APPROVAL SHEET PDF.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3. NIM. 2161111023 ABSTRACT PDF.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 2161111023 PREFACE PDF.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. 2161111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 2161111023 TABLES PDF.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 2161111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
11. NIM. 2161111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
12. NIM. 2161111023 BIBLIOGRAPHY PDF.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X berdasarkan model Toulmin. Teks eksposisi tersebut perlu dianalisis untuk kemudian dideskripsikan dengan jelas agar dapat mengetahui bagaimana hasil kemampuan menulis teks eksposisi terutama pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sempel penelitian ini adalah 32 teks eksposisi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Isi dari penelitian ini adalah mengganalisis bagaimana kemampuan menulis claim, ground, warrants, backing, dan modal qualifiers pada teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks eksposisi dalam menyertakan claim berada dalam kategori cukup mampu dengan rata-rata jumlah keseluruhan nilai siswa yaitu 71. Pada indikator ground siswa berkategori mampu karena jumlah keseluruhan nilai mencapai 84. Indikator warrants memperoleh skor 73 yang artinya siswa cukup mampu dalam menulis jaminan yang mampu membenarkan claim. Dalam indikator backing dapat dikatakan siswa kurang mampu membenarkan pernyataan yang dikemukakan dalam pembenaran dengan skor 64. Dalam indikator modal qualifiers rata-rata nilai keseluruhan siswa adalah 63, yang artinya siswa kurang mampu menyertakan modal qualifiers dalam menulis teks eksposisi. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan cukup mampu menulis teks eksposisi berdasarkan model Toulmin level ketiga yaitu mampu menyertakan claim, ground, dan warrants.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Kemampuan Menulis; Eksposisi dan Toulmin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 09:09 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43087 |