Siburian, Juliana Pebriana (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171015 Judul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8126171015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
3. 8126171015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. 8126171015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. 8126171015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. 8126171015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. 8126171015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. 8126171015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 8126171015 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171015 Bab V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
11. 8126171015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuannya adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa yang menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa, (3) untuk mengetahui proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 dan yang menjadi sampel kelas VII-1 (kelas eksperimen) dan VII-7 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan komunikasi matematik, perangkat pembelajaran sudah memenuhi syarat validasi isi dengan tingkat validasi RPP dengan kategori baik yaitu 4,32, LAS dengan kategori baik yaitu 4,38, koefisien realibilitas untuk tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,961 dan koefisien realibilitas untuk tes kemampuan komunikasi matematik sebesar 0,967. Data di analisis dengan uji ANAVA dua jalur, sebelum itu dilakukan uji homogenitas dan normalitas dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1)adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2)tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa, (3)proses penyelesaian masalah siswa yang diberikan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan: (1)agar model pendekatan matematika realistik menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa, (2)perangkat pembelajaran disiapkan secara matang serta disesuaikan dengan indikator kemampuan dan alokasi waktu yang harus dicapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sib p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Komunikasi matematik; Matematika realistik; Pembelajaran konvensional; Proses jawaban siswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4308 |