Mustika, Zahara (2021) Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Komitmen Kerja, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kota Banda Aceh. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8146114004 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 8146114004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM 8146114004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM 8146114004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 8146114004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM 8146114004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 8146114004 LIST OFFIGURES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM 8146114004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 8146114004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
13. NIM 8146114004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14. NIM 8146114004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kepuasan kerja; (2) pengaruh komitmen kerja terhadap kepuasan kerja; (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja; (4) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru; (5) pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja guru; (6) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru; (7) pengaruh kepuasan kerja terhadap kierja guru. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri di Kota Banda Aceh. Populasi penelitian adalah seluruh guru SD Negeri di kota Banda Aceh berjumlah 481 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah sampelnya 218 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diisi oleh responden yang berasal dari guru. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Pedagogik memberikan pengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja ditunjukkan bahwa ρ41 = 0,201; (2) Komitmen Kerja memberikan pengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja ditunjukkan bahwa ρ42 = 0,373; (3) Motivasi Kerja memberikan pengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, ditunjukkan bahwa ρ43 = 0,413; (4) Kompetensi Pedagogik memberikan pengaruh dan signifikan terhadap Kinerja Guru ditunjukkan bahwa ρ51 = 0,119; (5) Komitmen Kerja memberikan pengaruh dan signifikan terhadap Kinerja Guru ditunjukkan bahwa ρ52 = 0,334; (6) Motivasi kerja memberikan pengaruh dan signifikan terhadap Kinerja Guru ditunjukkan bahwa ρ53 = 0,149; (7) Kepuasan Kerja memberikan pengaruh dan signifikan terhadap Kinerja Guru ditunjukkan bahwa ρ54 = 0,268. Model kinerja guru temuan penelitian ini menjelaskan bahwa peningkatan kinerja guru dapat dilakukan melalui kompetensi pedagogik, komitmen kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja yang secara langsung akan menyebabkan kinerja guru menjadi lebih baik.