Yanti, Silvia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172048 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8176172048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
3. NIM. 8176172048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4. NIM. 8176172048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 8176172048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
6. NIM. 8176172048 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
7. NIM. 8176172048 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 8176172048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8176172048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. NIM. 8176172048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: : (1) kevalidan bahan ajar berdasarkan validator ahli; (2) kepraktisan bahan ajar berdasarkan validator ahli dan praktisi, serta berdasarkan keterlaksanaan bahan ajar; (3) keefektivan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan; 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar dengan pendekatan metakognisi; 5) Mendeskripsikan perubahan kebiasaan berpikir siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan metakognisi dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan VIII-4 MTs Hifzhil Qur’an Medan. (1) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator ahli; (2) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian validator ahli dan praktisi, serta keterlaksanaan bahan ajar; (3) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif yaitu pembelajaran tuntas secara klasikal, respon siswa positif, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (4) pada uji coba I terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori rendah, yaitu sebesar 0,24 dan pada uji coba II terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori sedang, yaitu sebesar 0,52; dan (5) terjadi perubahan kebiasaan berpikir siswa yaitu pada uji coba I sebesar 0,28 dengan kategori rendah dan pada uji coba II menjadi 0,41 pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Yan p |
Keywords: | Bahan Ajar; model pengembangan Dick & Carey; pendekatan metakognisi; kemampuan penalaran; kebiasaan berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 06:49 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43061 |