Asyifa, Dinda Delfi (2020) Pengaruh Strategi Group Mapping Activity (GMA) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163111010 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 2163111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
3. NIM. 2163111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 2163111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM. 2163111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 2163111010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 2163111010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 2163111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
12. NIM. 2163111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13 . NIM. 2163111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Group Mapping Activity (GMA) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 37 medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 berjumlah 254 siswa. Dari 254 siswa, ditetapkan sebanyak 30 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Group Mapping Activity (GMA) tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 58,750 sedangkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Group Mapping Activity (GMA) tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 84,17. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukan thitung < ttabel yaitu 5,79> 2,042, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh strategi Group Mapping Activity (GMA) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | group mapping activity (GMA); teks eksplanasi; SMP Negeri 37 Medan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 05:56 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43029 |