Syafii, Mhd. (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Folklor Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Siswa. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146184006 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 8146184006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8146184006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 8146184006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. NIM. 8146184006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
6. NIM. 8146184006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM. 8146184006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 8146184006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 8146184006 BAB I.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
13. NIM. 8146184006 BAB. V.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
14. NIM. 8146184006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) menemukan model pembelajaran kontekstual berbasis folklor yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) menemukan aturan penentuan keterampilan membaca cepat
siswa, (3) mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca cepat siswa dalam proses pembelajaran kontekstual berbasis folklor, (4) mendeskripsikan tingkat kemampuan
guru mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran kontekstual berbasis folklor, (5) mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kontekstual berbasis folklor, dan (6) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran kontekstual berbasis folklor.
Penelitian dilaksanakan di dua sekolah dasar negeri dan dua sekolah menengah pertama negeri kota Medan. Metodologi digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli desain, ahli evaluasi, ahli bahasa dan ahli folklor, kemudian dilanjutkan uji perorangan, uji kelompok kecil dan kelompok lapangan. Pengujian keterlaksanaan model juga dilakukan kemudian dilanjutkan dengan uji efektivitas.
Temuan penelitian ini: (1) produk model pembelajaran kontekstual berbasis folklor yang dihasilkan valid berdasarkan validasi ahli, memiliki tingkat kepraktisan
dan keefektifan terhadap peningkatan kemampuan membaca cepat siswa, (2) ditemukan aturan penentuan keterampilan membaca cepat dengan memodifikasi teks bacaan yang didesain berbasis folklor, (3) keterampilan siswa membaca siswa meningkat, (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran baik, (5) aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan, dan (6) respon siswa terhadap proses pembelajaran adalah baik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Sya p |
Keywords: | Contextual Learning; Folklore; Students' Fast Reading Skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 08:12 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43025 |