Safrida, Ainal (2014) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW DI SMA NEGERI 17 MEDAN DAN SMA DHARMA PANCASILA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8096171002 Judul.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. 8096171002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
3. 8096171002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. 8096171002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. 8096171002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
6. 8096171002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
7. 8096171002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
8. 8096171002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
9. 8096171002 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8096171002 Bab V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
11. 8096171002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD, Jigsaw dan pembelajaran biasa; (2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD, Jigsaw dan pembelajaran biasa, dan (3) untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD, Jigsaw dan biasa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 17 dan SMA Dharma Pancasila Medan. Secara acak, dipilih dua sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMA Negeri 17 Medan dan SMA Dharma Pancasila Medan. Kelas eksperimen-1 diberi perlakuan pembelajaran koperatif tipe STAD, kelas eksperimen-2 diberi perlakuan pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemahaman konsep matematis, (2) tes kemampuan komunikasi matematis dan (3) lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,91 dan 0,91 berturut-turut untuk kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe STAD, Jigsaw dan pembelajaran biasa, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe STAD, Jigsaw dan pembelajaran biasa, dan (3) proses penyelesaian jawaban siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD dan Jigsaw lebih bervariasi dibandingkan dengan proses penyelesaian masalah siswa dengan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.507 12 Saf p |
Keywords: | Pemahaman konsep; Komunikasi matematika; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran biasa; Student Team Achievement Division; Jigsaw; Statistika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4301 |