Syahrial, Triani (2020) Penerapan Pembelajaran Tari Salsa Melalui Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151141034 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM 2151141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
3. NIM 2151141034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4. NIM 2151141034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM 2151141034 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM 2151141034 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 2151141034 LIST OF DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 2151141034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 2151141034 BAB I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
13. NIM 2151141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM 2151141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tari salsa melalui media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penerapan menggunakan teori Ali 2007, teori ekseperimen menggunakan teori Roestiyah 2001, dan hasil belajar menggunakan teori Purwanto 2009. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 139 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah kelas XII-MIA-2 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran tari salsa melalui media audio visual sangat efektif karena siswa menjadi lebih aktif, semangat serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa menjadi lebih aktif dengan adanya media pembelajaran audio visual yang berisikan tentang materi tari mancanegara. Di dalam media audio visual tersebut terdapat penjelasan gerak tari berdasarkan elemen ruang, waktu, dan tenaga ditambah dengan gambar penari. Hasil nilai rata-rata pada pretest yaitu 38,83 dan postest 90. Dari daftar distribusi t untuk α = 0,05 harga thitung > ttabel (1,723 > 1,699). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima adanya peningkatan hasil belajar dalam materi tari salsa melalui media audio visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan; Media Audio Visual; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 11:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 11:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42951 |