Br. Haloho, Pebri (2020) Hubungan Penggunaan Media Sosial Terhadap Penyelesaian Enam Tugas dan Hasil Belajar Biologi Umum Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan T.P. 2019/2020. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156174014 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 8156174014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 8156174014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
4. NIM. 8156174014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM. 8156174014 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
6. NIM. 8156174014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 8156174014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 8156174014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 8156174014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
13. NIM. 8156174014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 8156174014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan penggunaan media sosial (Instagram, Youtube, Whatsapp) terhadap penyelesaian enam tugas mahasiswa dan juga hasil belajar (kognitif) yang terdiri dari UTS, UAS mahasiswa PSPB Unimed Angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dan mahasiswa Program Studi Non-Kependidikan Biologi (S1) Universitas Negeri Medan angkatan 2018. Waktu penelitian ini dilakukan dari bulan Maret – Mei 2020, dengan teknik analisis data Regresi Linear Berganda. Hasil pengolahan data dengan uji F menunjukkan ada hubungan yang linier penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UTS (0,32<0,05), UAS (0,30<0,05), dan penyelesaian enam tugas (0,35 <0,05). Kontribusi penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UTS sebesar 14,4%. Kontribusi penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UAS sebesar 14,6%. Kontribusi penggunaan media sosial terhadap penyelesaian enam tugas sebesar 14,1%. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi hasil belajar UTS adalah youtube (thitung > ttabel) 2,140 > 2,003. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi hasil belajar UAS adalah youtube (thitung > ttabel) 2,700 > 2,003. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi penyelesaian enam tugas adalah whatsapp (thitung > ttabel) 2,664 > 2,003.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.75 Hal h |
Keywords: | Media Sosial; Instagram; Whatsapp; Youtube; Hasil Belajar; Enam Tugas KKNI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 04:54 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42924 |