Hubungan Penggunaan Media Sosial Terhadap Penyelesaian Enam Tugas dan Hasil Belajar Biologi Umum Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan T.P. 2019/2020

Br. Haloho, Pebri (2020) Hubungan Penggunaan Media Sosial Terhadap Penyelesaian Enam Tugas dan Hasil Belajar Biologi Umum Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan T.P. 2019/2020. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156174014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156174014 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156174014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156174014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156174014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156174014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156174014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156174014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156174014 TABLE OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156174014 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156174014 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156174014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156174014 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156174014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156174014 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156174014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156174014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156174014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156174014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156174014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156174014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156174014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan penggunaan media sosial (Instagram, Youtube, Whatsapp) terhadap penyelesaian enam tugas mahasiswa dan juga hasil belajar (kognitif) yang terdiri dari UTS, UAS mahasiswa PSPB Unimed Angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dan mahasiswa Program Studi Non-Kependidikan Biologi (S1) Universitas Negeri Medan angkatan 2018. Waktu penelitian ini dilakukan dari bulan Maret – Mei 2020, dengan teknik analisis data Regresi Linear Berganda. Hasil pengolahan data dengan uji F menunjukkan ada hubungan yang linier penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UTS (0,32<0,05), UAS (0,30<0,05), dan penyelesaian enam tugas (0,35 <0,05). Kontribusi penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UTS sebesar 14,4%. Kontribusi penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UAS sebesar 14,6%. Kontribusi penggunaan media sosial terhadap penyelesaian enam tugas sebesar 14,1%. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi hasil belajar UTS adalah youtube (thitung > ttabel) 2,140 > 2,003. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi hasil belajar UAS adalah youtube (thitung > ttabel) 2,700 > 2,003. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi penyelesaian enam tugas adalah whatsapp (thitung > ttabel) 2,664 > 2,003.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.75 Hal h
Keywords: Media Sosial; Instagram; Whatsapp; Youtube; Hasil Belajar; Enam Tugas KKNI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:54
Last Modified: 02 Jul 2021 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42924

Actions (login required)

View Item
View Item