Nuraini (2021) Pengembangan Media Flipchart untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Rantau Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163321019 COVER.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
2. NIM. 3163321019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 3163321019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
4. NIM. 3163321019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
5. NIM. 3163321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
6. NIM. 3163321019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. NIM. 3163321019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
8. NIM. 3163321019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
12. NIM. 3163321019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 3163321019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah pengembangan media flipchart layak untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Rantau Utara. 2) mengetahui apakah pengembangan media flipchart efektif untuk meningkatkan kreativutas pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Rantau Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 rantau Utara, Kab, Labuhanbatu, Sumatera Utara, Kelas XI Tahun ajaran 2019-2020. Subjek penelitian ini terdiri atas 5 siswa kelas XI IIS 2 dan 25 siswa kelas XI IIS 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 (lima) tahapan utama yaitu: Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate. Hasil pengembangan Media pembelajaran Sejarah menggunakan flipchart dinyatakan layak di uji cobakan ke siswa setelah dilakukan validasi oleh ahli media, ahli desain dan ahli materi. Rincian data yang diperoleh dari hasil pengujian antara lain: pengujian ahli materi memperoleh rata-rata peresentase 82 % dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”, pengujian ahli desain memperoleh rata-rata presentase sebesar 82% dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak” dan pengujian ahli media memperoleh rata-rata peresentase 93% dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”. Setalah dinyatakan layak oleh para ahli, media flipchart diuji cobakan kepada siswa melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji Keefektifan media flipchart untuk meningkatkan kreativitas siswa mendapatkan hasil sebesar 88 % dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah Media flipchart untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran sejarah ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-SJRH-064 |
Keywords: | Flipchart; model pengembangan ADDIE; kreativitas pembelajaran sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 02:28 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42912 |