Sugiharti, Titiek (2013) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN TINGKAT KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN KISARAN BARAT KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188130142 Judul.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. 081188130142 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
3. 081188130142 Abstrak.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. 081188130142 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. 081188130142 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. 081188130142 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. 081188130142 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 081188130142 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. 081188130142 Bab I.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
10. 081188130142 Bab V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
11. 081188130142 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) kompetensi pedagogik dengan kinerja guru, (2) tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kinerja guru, (3) kompetensi pedagogik dan tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru. Subjek penelitian adalah Guru SD Negeri Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden.Alat ukur instrumen yang dipergunakan dalam pengambilan data kompetensi pedagogik, tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah menggunakan angket berskala likert dan kinerja guru menggunakan observasi. Sebelum instrumen penelitian digunakan untuk data kompetensi pedagogik, tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas angket digunakan rumus korelasi product momen, dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha Cromback.Hasil ujicoba validitas instrumen angket kompetensi pedagogik diperoleh 20 dari 20 items dan tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah diperoleh 20 dari 21 items yang diujicobakan. Untuk koefisien reliabilitas kompetensi pedagogik sebesar 0,843 dan tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah sebesar 0,860. Dengan demikian instrument angket tersebut termasuk dalam angket berkategori sangat tinggi. Hasil uji tingkat kecendrungan data instrumen kompetensi pedagogik diperoleh kategori tinggi 4 responden (4,545%), 52 responden (59,091%) termasuk dalam kategori sedang, 32 responden (36,364%) termasuk dalam kategori rendah dan tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah diperoleh kategori tinggi 11 responden (12,500%), 59 responden (67,045%) termasuk dalam kategori sedang, 18 responden (20,455%) termasuk dalam kategori rendah serta untuk data instrumen kinerja guru diperoleh kategori rendah 69 responden (78,409%), 19 responden (21,591%) termasuk dalam kategori sedang dan yang termasuk dalam kategori tinggi tidak ada. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara : (1) kompetensi pedagogik dengan kinerja guru, rX1Y = 0,406, dan besar ttabel < thitung (1,990 < 4,119), (2) tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kinerja guru, rX2Y = 0,450, dan besar ttabel < thitung (1,990 < 4,669), (3) kompetensi pedagogik dan tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru, R = 0,568 dan besar Ftabel < Fhitung (3,10 < 20.277).Semakin baik kompetensi pedagogik dan tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah maka semakin meningkat kinerja guru sekolah dasar negeri Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, maka untuk mengoptimalkan kinerja guru perlu peningkatan kompetensi pedagogik dan persepsi yang baik tentang tingkat kepemimpinan demokratis kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.312 Sug h |
Keywords: | Kompetensi pedagogik; Kepemimpinan demokratis; Kepala sekolah; Guru; Kinerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4288 |