Suriyani, Nurul (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DI KELAS VI-C MIN MEDAN BARAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116182018 Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 8116182018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3. 8116182018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8116182018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. 8116182018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. 8116182018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 8116182018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 8116182018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. 8116182018 Bab I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
10. 8116182018 Bab V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
11. 8116182018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan sehari-hari dan analisis tugas, memperlihatkan bahwa kemampuan siswa kelas VI-C MIN Medan Barat dalam membaca pemahaman masih rendah, yaitu sebanyak 14 dari 24 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal 70. Secara umum latihan soal bahasa Indonesia tidak selesai tepat waktu dan siswa pasif menerima materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman melalui penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI-C MIN Medan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VI-C MIN Medan Barat dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari tes hasil belajar dan observasi terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI-C. Kemampuan menjelaskan informasi dari siklus I hingga siklus III terjadi peningkatan skor sebesar 14,75. Untuk kemampuan menghubungkan dari siklus I hingga siklus III terjadi peningkatan skor sebesar 2. Untuk kemampuan membuat pernyataan dari siklus I hingga siklus III terjadi peningkatan skor sebesar 29. Untuk kemampuan menemukan informasi dari siklus I hingga siklus III terjadi peningkatan skor sebesar 10,5. Kemampuan mendukung informasi dari siklus II hingga siklus III terjadi peningkatan skor sebesar 11,33. Secara keseluruhan kemampuan membaca pemahaman siswa dari siklus I ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 67,58. Pada siklus I diperoleh skor ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 41,67, pada siklus II diperoleh skor ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 62,50, pada siklus III diperoleh skor ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 83,33. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan peningkatan pada siklus I diperoleh skor aktivitas belajar siswa sebesar 61,19, pada siklus II diperoleh skor aktivitas siswa sebesar 66,67, pada siklus III diperoleh skor aktivitas siswa sebesar 76,69. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 5,48. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus II ke siklus III sebesar 10,02. Secara keseluruhan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus III sebesar 15,50. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru lain untuk menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam setiap proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.416 Sur p |
Keywords: | Membaca pemahaman; Kemampuan membaca; Model pembelajaran; Pengetahuan; Kebahasaan; Cooperative Integrated Reading and Composition |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4287 |