TAWABBINNA, MAULIZA (2020) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS XI SMAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3163121027 COVER.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
2. NIM. 3163121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
3. NIM. 3163121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 3163121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
5. NIM. 3163121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
6. NIM. 3163121027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7. NIM. 3163121027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
8. NIM. 3163121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 3163121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM. 3163121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana mengembangkan video animasi pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia; (2) bagaimana kelayakan video animasi pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan (3) bagaimana efektivitas video animasi pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Sugiyono yang berpedoman pada teori model pengembangan Borg and Gall (1989). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 10 (sepuluh) tahapan yaitu : tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi massal. Sampel penelitian ini adalah 5 orang siswa dari kelas XI MIPA3 untuk uji coba kecil, 10 orang siswa dari kelas XI MIPA5 untuk uji coba sedang dan 36 orang siswa dari kelas MIPA2 untuk uji coba besar di SMAN 2 Medan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi oleh ahli materi dengan nilai 94% dengan kategori sangat valid dan ahli media pembelajaran sebesar 97% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Menggunakan media pembelajaran berupa video animasi pembelajaran sejarah lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran video animasi sejarah, dimana dengan kisaran persentase 84,3% untuk efektifitas penggunaan video animasi pembelajaran sejarah dan 65% efektifitas tanpa menggunakan media berupa video animasi pembelajaran sejarah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran sejarah dengan digunakannya media pembelajaran berupa video animasi pembelajaran pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 13:43 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 13:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42864 |