PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS XI SMAN 2 MEDAN

TAWABBINNA, MAULIZA (2020) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS XI SMAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 3163121027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3163121027 COVER.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3163121027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3163121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3163121027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3163121027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3163121027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3163121027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3163121027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3163121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3163121027 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3163121027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3163121027 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3163121027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3163121027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3163121027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3163121027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3163121027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3163121027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3163121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana mengembangkan video animasi pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia; (2) bagaimana kelayakan video animasi pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan (3) bagaimana efektivitas video animasi pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Sugiyono yang berpedoman pada teori model pengembangan Borg and Gall (1989). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 10 (sepuluh) tahapan yaitu : tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi massal. Sampel penelitian ini adalah 5 orang siswa dari kelas XI MIPA3 untuk uji coba kecil, 10 orang siswa dari kelas XI MIPA5 untuk uji coba sedang dan 36 orang siswa dari kelas MIPA2 untuk uji coba besar di SMAN 2 Medan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi oleh ahli materi dengan nilai 94% dengan kategori sangat valid dan ahli media pembelajaran sebesar 97% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Menggunakan media pembelajaran berupa video animasi pembelajaran sejarah lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran video animasi sejarah, dimana dengan kisaran persentase 84,3% untuk efektifitas penggunaan video animasi pembelajaran sejarah dan 65% efektifitas tanpa menggunakan media berupa video animasi pembelajaran sejarah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran sejarah dengan digunakannya media pembelajaran berupa video animasi pembelajaran pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Jul 2021 13:43
Last Modified: 01 Jul 2021 13:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42864

Actions (login required)

View Item
View Item