Naibaho, Bindu (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KELISTRIKAN PENERANGAN OTOMOTIF SISWA SMK HKBP PANGURURAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809215006 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 809215006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. 809215006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. 809215006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. 809215006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 809215006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 809215006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 809215006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. 809215006 Bab I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
10. 809215006 Bab V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
11. 809215006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian tinggi dengan yang memiliki kemandirian rendah, (3) Mengetahui interaksi antara srategi pembelajaran kontekstual dan kemandirian terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK HKBP Pangururan. Populasi dan Sampel penelitian ini adalah Siswa kelas XIO semester gasal Tahun Pelajaran 201/ 2012, yang banyaknya 4 kelas dengan jumlah siswa 142 siswa. Adapun sampelnya adalah Kelas XIO2 dan Kelas XIO4 sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah (1) Tes teori berbentuk objektif tes, jumlah tes 25 dengan jumlah pilihan 5 (lima) dan tes praktek 17 kegiatan. (2). Untuk tes kemandirian sebanyak 34 pertanyaan, dan jumlah option 5 (lima). Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Variabel bebas penelitian ini adalah (1) Pembelajaran berbasis proyek dan (2) Pembelajaran kooperatif, serta (3) variabel terikat adalah hasil belajar kelistrikan penerangan otomotif. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α= 0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe, sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Temuan penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran berbasis proyek, memiliki skor rata-rata = 82,892 berbeda dengan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran kooperatif, yaitu skor rata-rata = 79,500. (2) Hasil belajar kelompok siswa kemandirian tinggi dengan rata-rata = 85,944 dan kelompok siswa kemandirian rendah dengan rata-rata = 76,500. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual dengan kemandirian terhadap hasil belajar, hal ini terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kelompok siswa yang memiliki kemandirian tinggi memperoleh nilai hasil belajar lebih baik diajar dengan pembelajaran strategi pembelajaran berbasis proyek. Siswa yang memiliki kemandirian rendah memperoleh nilai hasil belajar lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, karena Fhitung = 32,173 sedangkan pengujian untuk α = 5% dengan dk = (1,68) = Ftabel 3,986 sehingga dapat dinyatakan bahwa Fh = 32,173 > F tabel = 4,00. taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Nai p |
Keywords: | Kelistrikan; Otomotif; Kemandirian; Sistem penerangan; Strategi pembelajaran; Pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 May 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4286 |