HIDAYATI, RIZKI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 11 MEDAN TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3163121024 COVER.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2. NIM. 3163121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
3. NIM. 3163121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4. NIM. 3163121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
5. NIM. 3163121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
6. NIM. 3163121024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
7. NIM. 3163121024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
8. NIM. 3163121024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
9. NIM. 3163121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 3163121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
14. NIM. 3163121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Medan, sehingga berdampak pada rendahnya nilai hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar sejarah siswa dan untuk mengetahui bagaimana berlangsungnya proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari populasi secara acak yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Pengujian tes hasil belajar adalah dengan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Data tes hasil belajar pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Number Heads Together diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 79, 55 dan kelas kontrol menggunakan model Probing Prompting diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 67,35. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji-t satu pihak pada post-test diperoleh thitung > ttabel (6,631 > 1,668) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Number Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Number Heads Together, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 12:27 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 12:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42854 |