B, SHERINTANIA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE APPYPIE UNTUK SISWA KELAS XI SMA MATERI TOKOH PROKLAMATOR DAN TOKOH LAINNYA SEKITAR PROKLAMASI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3163121027 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM. 3163121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 3163121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM. 3163121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
5. NIM. 3163121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
6. NIM. 3163121027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. NIM. 316312127 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
8. NIM. 3163121027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
13. NIM. 3163121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
14. NIM 3163121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keterbatasan inovasi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media mobile learning dengan menggunakan software appypie yang dikembangkan. Pengembangan media mobile learning dengan menggunakan software appypie menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada 3 orang siswa dari XI MIPA 1 untuk uji coba satu-satu dan 9 orang siswa kelas XI MIPA 3 untuk uji coba kelompok kecil, sedangkan tahapan implementasi dilakukan pada 35 orang siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi serta ahli media dan angket respons siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi oleh ahli materi mencapai 90% dan ahli media mencapai 88,5%. Sementara hasil uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil masing-masing menunjukan persentase skor 82,67% dan 84,15%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk oleh siswa maka peneliti menyimpulkan bahwa media mobile learning dengan software appypie yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran sejarah dikelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Sejarah, Mobile Learning, Appypie. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 12:27 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 12:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42851 |