Matondang, Agnes Angelia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163121003 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM. 3163121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 3163121003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 3163121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM. 3163121003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 3163121003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 3163121003 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 3163121003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 3163121003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
13. NIM. 3163121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM. 3163121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Dalam pelaksanaannya, peneliti meneliti dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menerapkan dua jenis perlakuan yang berbeda. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 2 Medan dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 110 orang siswa. Pengambilan sample ini menggunakan teknik Random. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pada kelas X IPA 5 adalah sebesar 79,86 dan nilai rata-rata untuk kelas X IPA 6 adalah sebesar 68,86. Hasil uji normalitas data pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,136 < Ltabel = 0,149 dan hasil uji normalitas kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,105 < Ltabel = 0,149. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,68 dan Ftabel 1,75 dengan taraf signifikan α=0,05 sehingga Fhitung< Ftabel. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Tabel distribusi t diperoleh t_tabel= 1,980 dengan α =0,05 dengan dk n_1+n_2-2=68. t_hitung yang diperoleh adalah sebesar 4,372. Maka dapat disimpulkan bahwa bahwa t_hitung 〖>t〗_tabel atau 4,372 >1,980 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah di Kelas X IPA SMA N 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-SJRH-037 |
Keywords: | Model Pembelajaran Make a Match; hasil belajar; pelajaran sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 09:39 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42818 |